Home > Pendaftaran Online > Langkah Pendaftaran

Langkah Pendaftaran

Mulai tahun 2013, calon peserta yang mengikuti program bantuan pendidikan dookter spesialis/dokter gigi spesialis diwajibkan mendaftar secara online melalui website: www.ppds.bppsdmk.kemkes.go.id.
Para calon peserta dapat meng ‘klik’ pada menu ‘Pendaftaran Online’ dan klik pada ikon ‘Pendaftaran Tahap XX’. Selanjutnya calon peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran Online, Data Pengusul, Rencana Penempatan, Informasi Email Pelamar.
Jika telah memenuhi persyaratan pendaftaran secara online, maka calon peserta akan menerima email konirmasi dan verifikasi tentang pendaftaran, yang bisa dibuka pada kotak inbox account email calon peserta.
Setelah diverifikasi oleh Tim Administrator, maka calon peserta akan menerima email verifikasi yang berisi account berupa ‘ID User’ dan ‘Password’, yang dapat digunakan untuk masuk ‘Login Melengkapi Data Pelamar’.

Selanjutnya calon peserta mengikuti 5 langkah yang harus dilakukan dan harus dipenuhi yaitu:

Tahap I
Mengisi kelengkapan data calon peserta, termasuk  diantaranya  data pendaftaran, riwayat pribadi, riwayat keluarga, riwayat pendidikan, data peminatan dan lampiran persyaratan.

Tahapan yang dilalui pada tahap ini, antara lain :  

  1. Melengkapi riwayat pribadi, riwayat keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan data peminatan. 
  2. Melengkapi data lampiran dokumen dan sertifikat yang diwajibkan. 
  3. Print out data permohonan bantuan pendidikan. 
  4. Tuliskan Kode Pendaftaran pada bagian luar amplop surat permohonan. 
  5. Kirimkan dokumen fisik hasil print out aplikasi beserta lampiran dokumen yang disertakan

Tahap II
Pendaftaran Tahap II berupa seleksi administratif dari Dinkes Propinsi, yaitu proses menunggu hasil pengiriman berkas fisik kepada Administrator di Dinkes Propinsiropinsi. Setelah administrator Dinkes Propinsi selesai menyeleksi, maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya (Ditolak atau Diterima). Jika kelengkapan data anda telah dinyatakan terpenuhi, maka akan muncul pesan “Diterima”. Jika data belum lengkap, maka akan muncul pesan “Ditolak” dan calon peserta diberi kolom untuk menanyakan alasan ditolak. Dan ini di batasi sekali konfirmasi saja. Selanjutnya bila ingin menanyakan lebih detail, harap mempergunakan fasilitas “Mesage Service” .

Tahap III
Tahap ini berupa seleksi administratif dari BPPSDMK Kemkes, yaitu proses menunggu hasil pengiriman berkas fisik kepada Administrator di Kemkes. Tahapan pada langkah ini adalah : 

  1. Berkas pengajuan anda akan segera di proses oleh Panitia Pusat. 
  2. Penitia Pusat adalah BPPSDMK Kemkes beserta unit terkait lainnya akan melakukan seleksi administratif. 
  3. Persyaratan dan konfirmasi lebih lanjut dapat diakses melalui tabel informasi dan konfirmasi.
  4. Setelah administrator Kemkes selesai menyeleksi, maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya  (Ditolak atau Diterima)

Tahap IV
Tahap ini berupa seleksi akademik di pusat pendidikan (FK/FKG), yaitu proses menunggu hasil seleksi dari adminitrator di tingkat pusat pendidikan. Tahapan pada langkah ini adalah :  

  1. Berkas pengajuan anda telah disetujui oleh Kemkes. 
  2. Pelamar wajib melakukan ujian akademik pada Pusat Pendidikan yang telah ditentukan. 
  3. Hasil ujian akademik akan diproses lebih lanjut oleh Kemkes. 
  4. Persyaratan dan konfirmasi lebih lanjut dapat diakses melalui tabel informasi dan konfirmasi. Setelah administrator Kemkes selesai menyeleksi, maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya (Diterima atau Ditolak). 

Tahap V
Tahap ini berupa seleksi penerimaan bantuan, yaitu proses menunggu hasil seleksi dari administrator di tingkat BPPSDMK Kemkes. Tahapan langkah ini adalah :  

  1. Hasil ujian akademik dari FK/FKG sedang diproses oleh Kemkes. 
  2. Kemkes akan melakukan verifikasi kembali terhadap hasil seleksi akademik yang dinyatakan lulus.
  3. Selanjutnya calon peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi akan ditetapkan melalui SK Menteri Kesehatan sebagai Peserta Penerima Bantuan Pendidikan.
  4. Daftar nama peserta penerima bantuan pendidikan dapat diakses pada bagian bawah halaman ini. 

Untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran online dapat dicermati melalui Buku Panduan Sistem Pendaftaran Online yang dilampirkan pada surat edaran ini. Buku Panduan tersebut dapat juga didownload melalui alamat website www.ppds.bppsdmk.kemkes.go.id/ pada menu Kategori Dasar Hukum (pada kolom kanan laman website) di sub menu Petunjuk Umum.

Calon peserta yang mengikuti pendaftaran online diharapkan datang pada acara Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran Online Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis Kemkes yang diselenggarakan di Ibukota Provinsi masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan pada surat edaran ini. Pada acara sosialisasi dan pendampingan tersebut, calon peserta dapat melakukan konfirmasi kepada Tim Kemkes apakah proses registrasi yang dilaksanakan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.