Home > FAQ

Frequently Ask Question (FAQ)

1 Apa itu Sistem Pendaftaran Online PPDS?
Apa itu Sistem Pendaftaran Online PPDS?
Sistem Pendaftaran Online PPDS adalah Sebuah Situs/Website yang digunakan dalam Penerimaan Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan. Sistem ini bertujuan untuk menjaga transparansi dan meni
Sistem Pendaftaran Online PPDS adalah Sebuah Situs/Website yang digunakan dalam Penerimaan Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan. Sistem ini bertujuan untuk menjaga transparansi dan meningkatkan aksesibilitas pelamar terhadap pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan.
2 Di alamat web apa saya bisa melakukan Pendaftaran Online Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan ini?
Di alamat web apa saya bisa melakukan Pendaftaran Online Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan ini?
Alamat resmi untuk melakukan pendaftaran Online Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan adalah di http://bppsdmk.depkes.go.id/ppds
Alamat resmi untuk melakukan pendaftaran Online Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan adalah di http://bppsdmk.depkes.go.id/ppds
3 Tahapan/Proses apa saja yang ada dalam pendaftaran Online PPDS ini?
Tahapan/Proses apa saja yang ada dalam pendaftaran Online PPDS ini?
Tahapan Proses pendaftaran PPDS online Kementerian Kesehatan dapat dilihat pada menu “Langkah Pendaftaran” pada website ini.
Tahapan Proses pendaftaran PPDS online Kementerian Kesehatan dapat dilihat pada menu “Langkah Pendaftaran” pada website ini.
4 Bagaimana cara mendaftar Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan melalui website ini?
Bagaimana cara mendaftar Calon Peserta Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis di Kementerian Kesehatan melalui website ini?
Pelamar melakukan pendaftaran online pada menu “Pendaftaran Online” didalam situs http://bppsdmk.depkes.go.id/ppds
o Pelamar wajib mengisi Akun Login dan Data Pelamar dengan sebenar-benarnya. Pelamar diharapkan mengecek kembali data Pelamar sebelum menekan/klik tombol daftar; o Setelah berhasil melakukan pendaftaran. Pelamar dapat masuk login dengan menggunakan ID Pengguna dan Password yang telah didaftarkan; o Setelah login, Pelamar dapat mencetak Bukti Pendaftaran. Bukti pendaftaran tersebut akan dikirim bersamaan dengan berkas Pelamar; o Calon peserta yang mengikuti pendaftaran online diharapkan datang pada acara Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran Online Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis Kemkes yang diselenggarakan di Ibukota Provinsi masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan pada surat edaran ini. Pada acara sosialisasi dan pendampingan tersebut, calon peserta dapat melakukan konfirmasi kepada Tim Kemkes apakah proses registrasi yang dilaksanakan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan o Pelamar mengirimkan berkas lamaran melalui Pos sesuai dengan daftar kelengkapan berkas pada bukti pendaftaran kealamat Dinas Kesehatan Propinsi ; o Pengumuman kelulusan tahapan seleksi dapat dilihat di website bppsdmk.depkes.go.id/ppds;
5 Apa yang harus saya perhatikan agar proses pendaftaran secara online ini berhasil dilakukan?
Apa yang harus saya perhatikan agar proses pendaftaran secara online ini berhasil dilakukan?
Untuk menghindari kegagalan dalam mendaftar pastikan hal- hal sebagai berikut:
o koneksi internet yang stabil; o aplikasi ini berjalan baik menggunakan browser Monzilla Firefox, Google Chrome; o Pastikan data yang wajib diisi telah di isi; o file foto berukuran maksimum 100kb; o autentifikasi captcha diisi dengan benar; dan terakhir o setelah klik daftar, anda akan ada diminta konfirmasi mendaftar(akan muncul pesan "Pastikan data yang anda input benar, Apakah anda yakin untuk mendaftar?"), klik ok untuk mendaftar. apabila konfirmasi tidak muncul ada 2 kemungkinan,pertama kemungkinan settingan javascript di browser tidak aktif atau koneksi jaringan yang tidak stabil.